ahmad zuhyardi lubis

Rabu, 01 Desember 2010

PENYAKIT ORF

Sinonim pada hewan: Scabby Mouth, Contagious Ecthyma, Contagious Pustular Dermatitis, Contagious Pustular Stomatitis, Infectious Pustular Dermatitis.
 
Agen Penyebab: Parapox Virus


Kejadian pada hewan:
- Menyerang domba dan kambing. Merupakan penyakit endemik pada domba di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh virus dapat bertahan di alam selama berbulan-bulan.
- Menyerang hewan pada semua umur (paling sering umur 3-6 bulan). Virus masuk melalui luka lecet pada kulit. Lesi dimulai dengan kemerahan yang membengkak, dengan cepat menjadi papula, vesikel, pustule dan ulser.
- Kerak terbentuk dalam seminggu dan terlepas setelah 3 sampai 4 minggu.
- Lesi paling sering dijumpai pada bibir, cuping hidung, muka dan lidah, sesekali dapat pada ambing, skrotum dan alat kelamin.
- Pada hewan muda penyakit lebih serius sebab menyebabkan perdarahan pada bibir, mengurangi nafsu makan sehingga menurunkan berat badan dan daya tahan tubuh.


Epidemiologi
- Sekali kelompok hewan diserang maka biasanya penyakit tetap endemic yang disebabkan oleh kontak antara hewan dan tahannya virus pada lingkungan luar.
- Kerugian terjadi karena penurunan berat badan yang diakibatkan kesulitan makan karena lesi pada mulut dan bibir.
- Laju prevalensi meningkat apabila lapangan pengembalaan mengandung banyak duri yang dapat melukai bibir hewan sebagai tempat masuknya virus.


Penularan dan kejadian pada manusia
Infeksi pada manusia terjadi sebagai akibat adanya lecet kulit yang kontak dengan hewan terinfeksi atau bahan asal hewan seperti wool ataupun vaksin.


Kelompok beresiko
1. Pekerja rumah potong hewan
2. Peternak
3. Dokter hewan
4. Orang lain yang kontak dengan hewan


Penyakit pada manusia
- Bagian tubuh yang terserang adalah jari dan tangan.
- Masa inkubasi penyakit 3-7 hari.
- Terbentuknya macula yang berkembang menjadi vesikel besar yang dikelilingi oleh sellulit      yang tidak terasa sakit.
- Vesikel berkembang menjadi pustule dan pergerakan terjadi setelah dua minggu.
- Kesembuhan terjadi setelah 4-6 minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar